Orang bijaksana akan menjadi majikan dari pikirannya, orang bodoh akan menjadi budaknya - Piblilius Syrus

My Blog List

Sunday, October 27, 2013

Testimoni terhadap UTS Psikologi Belajar


Dalam mata kuliah Psikologi Belajar semester ini, UTS dilaksanakan via email dan diberi batasan waktu selama tiga hari. Hal ini sebenarnya memberikan kemudahan pada peserta karena tidak harus berada di kelas dan dapat dikerjakan lebih matang. Tetapi, tentu saja tidak lepas dari halangan berupa koneksi internet. Belum lagi karena adanya batasan waktu dan aktivitas lain yang harus dilakukan, maka secara pribadi saya harus dapat mengatur strategi agar dapat menyelesaikan UTS dengan baik dan tepat waktu serta tidak meninggalkan aktivitas lain yang urgent juga. 

Pada saat menentukan strategi tersebut, proses metakognisi terjadi. saya berusaha memikirkan strategi bagaimana cara saya menyelesaikan uts dalam 2 hari (karena saya baru dapat mengakses internet pada jumat pagi yang berarti saya sudah melewatkan hari kamis tanpa menjawab satu soalpun) maka saya berpikir untuk membawa buku pegangan sepanjang hari dalam kegiatan-kegiatan saya. Serta berusaha untuk langsung menjawab ketika soal sudah diberikan dan situasi memungkinkan. 

Pada saat menjawab soal juga, ada proses belajar gestalt. dimana seluruh peserta UTS harus dapat melihat teori dan fenomena yang terjadi saat memilih mata kuliah Psikologi Belajar sebagai satu kesatuan, bahwa teori ini tidak bisa dipisahkan dari kenyataan yang dialami setiap hari.

Dan tak bisa dipungkiri ada konsep operant conditioning yang terjadi. karena pada saat ibu memberikan stimuus berupa soal, dan kita merespon dengan jawaban yang baik, maka ada reinforcement positif berupa feedback maupun nilai. pada intinya, teori-teori belajar yang ada memang tidak bisa dipisahkan dari fenomena pembelajaran yang dialami.

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.