Kelompok 1
Setelah kelompok mempresentasikan pelaksanaan micro
teaching yang dilakukan di TK. Aisyah, ada beberapa hal yang menjadi feedback
untuk kelompok. Beberapa hal tersebut adalah sebagai berikut.
1. Ada seorang anggota kelompok
yang tidak dapat hadir karena terlambat.
2. Ketika kelompok menampilkan
video pelaksanaan micro teaching, presenter juga memberikan penjelasan mengenai video tersebut. Tetapi karena
audio video yang tidak jernih, membuat penjelasan dan audio yang berbarengan
menjadi terdengar berisik.
3. Ada beberapa hal yang ditujukan kepada
kelompok mengenai micro teaching.
Pertanyaan-pertanyaan tersebut
adalah sebagai berikut.
Ø Pertanyaan : Berkaitan dengan
fenomena guru dikelas yang hanya fokus pada murid-murid yang aktif sehingga murid lain
menjadi malu dan cenderung pasif. Bagaimana kelompok menangani hal tersebut
ketika menyampaikan materi dikelas ?
Jawaban : Kelompok akan tetap
merespon dengan memanggil anak yang ditunjuk oleh gurunya untuk maju kedepan
(misal, mencertitakan video edukasi yang sudah ditonton). Setelah itu kelompok
akan memanggil anak lain yang tidak ditunjuk oleh gurunya. Bahkan
jika anak tersebut tidak mau dan malu-malu, salah
seorananggotkelompok akan mendekatinya
secara personal dan menanyakan apakah ia mau
untuk maju kedepan. Dan hasilnya cukup memuaskan, anak tersebut mengangguk dan
mau untuk maju kedepan.
Ø Pertanyaan : Maksud penggunaan laptop oleh kelompok
ketikamicro teching apakah hanya digunakan oleh kelompok selaku penyampai
materi dikelas atau anak-anak juga ikut menggunakannya?
Jawaban :
Sebenarnya penggunaan laptop ketika micro teaching dimaksudkan digunakan oleh
anggota kelompok selaku penyampai materi untuk memperlihatkan video edukasi
yang berupa animasi. Karena seperti dijelaskan diawal, kelompok mengusung teori
B.F. Skinner yang berorientasi pada teknologi. Dengan pengguaan teknologi ini
diharapkan akan lebih menarik perhatian anak. Tetapi ketiak dilapangan, ada
beberapa anak yang mencoba mengeksplor kemampuannya dengan membuka-buka salah
satu laptop anggota kelompok dengan didampingi anggota kelompok itu sendiri.
Ø Pertanyaan : Kelompok mengatakan bahwa
didalam kelas ada 3 orang anak
berkebutuhan khusus. Apakah hal tersebut tetap membuat kelas efektif?
Jawaban
: Berdasarkan pengalaman micro teaching, kelas cukup efektif. Karena semua
anggota kelompok berusaha untuk berada sedekat mungkin dan berinteraksi secara
personal dengan semua anak. Anggota kelompok tetap berinteraksi dengan 3 anak
berkebutuhan khusus tersebut. Sehingga kami bisa mengetahui apakah anak
tersebut memahami materi yang disampaian didepan kelas atau tidak.
Ø Pertanyaan : Dalam video micro teaching yang
kelompok 1 tadi, saya melihat ada seorang anak
yang bermain mobil-mobilan dikelas dan tidak memperhatikan apa yang anggota
kelompok sampaikan didepan kelas. Bagaimana kelompok menanggapi hal tersebut?
Jawaban : Kebetulan
anak itu adalah satu dari tiga anak yang berkebutuhan khusus yang sudah kami
jelaskan, banyak kegiatan yang dia lakukan dalam pelaksanaan micro-teaching dan
kami secara bergantian mengajak dia untuk kembali terlibat dalam pelaksanaan
micro-teaching.
No comments:
Post a Comment