Orang bijaksana akan menjadi majikan dari pikirannya, orang bodoh akan menjadi budaknya - Piblilius Syrus

My Blog List

Sunday, March 25, 2012

paedagogi teoritis dan prinsip-prinsip paedagogi

Paedagogi sebagai proses penyampaian pembelajaran kepada anak-anak pda dasarnya memiliki sifat-sifat paedagogi yang nantinya disebut paedagogis. Beberapa ahli menyebutkan istilah paedagogis sebagai berikut.

-Danilov (1978) : paedagogis adalah proses interaksi terus-menerus dan saling berasimilasi antara pengetahuan ilmiah dan perkembangan siswa. Asimilasi pengetahuan oleh siswa berkaitan dengan antusiasme mereka untuk mengetahui deverifikasi daalam proses kerja yang intensif dan aktif.

- Alberto Garcia (2005) : paedagogis adalah tindakan guru dan siswa dalam konteks organisasi sekolah dimana interaksi itu dilakukan berdasarkan teori paedagogis tertentu, berorientasi pada tujuan institusional, dan dikembangkan dalam interaksi yang dekat dengan keluarga dan masyarakat untuk mencapai pembentukan siswa secara sehat.

Jika menilik beberapa definisi tersebut dapat kita ambil kesimpulan bahwa pada intinya paedagogi merupakan proses  untuk mengembangkan kemampuan siswa yang pada proses tersebut institusi tempatnya belajar meliputi guru, bahkan keluarga dirumah memilliki peran dan harus saling berkaitan dan bekerja sama dalam mencapai pengembangan anak.

            Dalam proses pelaksanaannya, paedagogi sendiri memiliki prinsip-prinsip yang menjadi tolak ukur dan sandaran pelaksana paedagogi. Addine (2005) menyatakan bahwa prinsip paedagogis itu adalah kesatuan karakter ilmiah dan ideologis dari proses paedagogis yang menyoroti bahwa setiap proses paedagogis harus terstruktur berdasarkan temuan yang paling maju di bidang sains kontemporer dan korespondensi total dengan ideology kita. Karenanya apapun yang didapatkan anak pada proses pembelajarannya diharapkan dapat berguna buat bekal kehidupannya di masa depan.
           
            Beberapa prinsip mengenai paedagogi adalah mengombinasikan karakter kolektif dan individual pendidikan , serta penghormatan terhadap kepribadian siswa. Prinsip berikutnya harus adanya kesatuan pengajaran, pendidikan dan proses perkembangan pada kegiatan pembangunan. Dan prinsip bahwa masing-masing subsistem aktivitas, komunikasi, dan kepribadian saling terkait satu sama lain.

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.