Orang bijaksana akan menjadi majikan dari pikirannya, orang bodoh akan menjadi budaknya - Piblilius Syrus

My Blog List

Tuesday, May 10, 2011

Metode pengajaran dalam Perguruan Tinggi

Beberapa metode mengajar yang dapat divariasikan oleh pendidik diantaranya : 

1. Metode Ceramah (Preaching Method) 

Metode ceramah yaitu sebuah metode mengajar dengan menyampaikan informasi dan pengetahuan saecara lisan kepada sejumlah siswa yang pada umumnya mengikuti secara pasif. Muhibbin Syah, (2000). Metode ceramah dapat dikatakan sebagai satu-satunya metode yang paling ekonomis untuk menyampaikan informasi, dan paling efektif dalam mengatasi kelangkaan literatur atau rujukan yang sesuai dengan jangkauan daya beli dan paham siswa. 

Beberapa kelemahan metode ceramah adalah : 

a. Membuat mahasiswa pasif 

b. Mengandung unsur paksaan kepada mahasiswa 

c. Mengandung daya kritis mahasiswa ( Daradjat, 1985) 

d. Mahasiswa  yang lebih tanggap dari visi visual akan menjadi rugi dan mahasiswa yang lebih tanggap auditifnya dapat lebih besar menerimanya. 

e. Sukar mengontrol sejauh mana pemerolehan belajar mahasiswa. 

f. Kegiatan pengajaran menjadi verbalisme (pengertian kata-kata). 

g. Bila terlalu lama membosankan.(Syaiful Bahri Djamarah, 2000) 

Beberapa kelebihan metode ceramah adalah : 

a. Dosen mudah menguasai kelas. 

b. Dosen mudah menerangkan bahan pelajaran berjumlah besar 

c. Dapat diikuti mahasiswa dalam jumlah besar. 

d. Mudah dilaksanakan (Syaiful Bahri Djamarah, 2000) 

2. Metode diskusi ( Discussion method ) 

Muhibbin Syah ( 2000 ), mendefinisikan bahwa metode diskusi adalah metode mengajar yang sangat erat hubungannya dengan memecahkan masalah (problem solving). Metode ini lazim juga disebut sebagai diskusi kelompok (group discussion) dan resitasi bersama ( socialized recitation ). 

Metode diskusi diaplikasikan dalam proses belajar mengajar untuk : 

a. Mendorong mahasiswa berpikir kritis. 

b. Mendorong mahasiswa mengekspresikan pendapatnya secara bebas. 

c. Mendorong mahasiswa menyumbangkan buah pikirnya untuk memcahkan masalah bersama. 

d. Mengambil satu alternatif jawaban atau beberapa alternatif jawaban untuk memecahkan masalah berdsarkan pertimbangan yang seksama. 

Kelebihan metode diskusi sebagai berikut : 

a. Menyadarkan mahasiswa bahwa masalah dapat dipecahkan dengan berbagai jalan 

b. Menyadarkan mahasiswa bahwa dengan berdiskusi mereka saling mengemukakan pendapat secara konstruktif sehingga dapat diperoleh keputusan yang lebih baik. 

c. Membiasakan mahasiswa untuk mendengarkan pendapat orang lain sekalipun berbeda dengan pendapatnya dan membiasakan bersikap toleransi. (Syaiful Bahri Djamarah, 2000) 

Kelemahan metode diskusi sebagai berikut : 

a. tidak dapat dipakai dalam kelompok yang besar. 

b. Peserta diskusi mendapat informasi yang terbatas. 

c. Dapat dikuasai oleh orang-orang yang suka berbicara. 

d. Biasanya orang menghendaki pendekatan yang lebih formal (Syaiful Bahri Djamarah, 2000) 

3. Metode demontrasi ( Demonstration method ) 

Metode demonstrasi adalah metode mengajar dengan cara memperagakan barang, kejadian, aturan, dan urutan melakukan suatu kegiatan, baik secara langsung maupun melalui penggunaan media pengajaran yang relevan dengan pokok bahasan atau materi yang sedang disajikan. Muhibbin Syah ( 2000). 

Metode demonstrasi adalah metode yang digunakan untuk memperlihatkan sesuatu proses atau cara kerja suatu benda yang berkenaan dengan bahan pelajaran. Syaiful Bahri Djamarah, ( 2000). 

Manfaat psikologis pedagogis dari metode demonstrasi adalah : 

a. Perhatian mahasiswa dapat lebih dipusatkan . 

b. Proses belajar mahasiswa lebih terarah pada materi yang sedang dipelajari. 

c. Pengalaman dan kesan sebagai hasil pembelajaran lebih melekat dalam diri mahasiswa (Daradjat, 1985) 

Kelebihan metode demonstrasi sebagai berikut : 

a. Membantu mahasiswa memahami dengan jelas jalannya suatu proses atau kerja suatu benda. 

b. Memudahkan berbagai jenis penjelasan . 

c. Kesalahan-kesalahan yeng terjadi dari hasil ceramah dapat diperbaiki melaui pengamatan dan contoh konkret, drngan menghadirkan obyek sebenarnya (Syaiful Bahri Djamarah, 2000). 

Kelemahan metode demonstrasi sebagai berikut : 

a. mahasiswa terkadang sukar melihat dengan jelas benda yang akan dipertunjukkan. 

b. Tidak semua benda dapat didemonstrasikan 

c. Sukar dimengerti bila didemonstrasikan oleh dosen yang kurang menguasai apa yang didemonstrasikan (Syaiful Bahri Djamarah, 2000). 

4. Metode ceramah plus 

Metode ceramah plus adalah metode mengajar yang menggunakan lebih dari satu metode, yakni metode ceramah gabung dengan metode lainnya.Dalam hal ini penulis akan menguraikan tiga macam metode ceramah plus yaitu : 

a. Metode ceramah plus tanya jawab dan tugas (CPTT). 

Metode ini adalah metode mengajar gabungan antara ceramah dengan tanya jawab dan pemberian tugas. 

Metode campuran ini idealnya dilakukan secar tertib, yaitu : 

1). Penyampaian materi oleh dosen. 

2). Pemberian peluang bertanya jawab antara dosen dan mahasiswa. 

3). Pemberian tugas kepada mahasiswa 

b. Metode ceramah plus diskusi dan tugas (CPDT) 

Metode ini dilakukan secara tertib sesuai dengan urutan pengkombinasiannya, yaitu pertama guru menguraikan materi pelajaran, kemudian mengadakan diskusi, dan akhirnya memberi tugas. 

c. Metode ceramah plus demonstrasi dan latihan (CPDL) 

Metode ini dalah merupakan kombinasi antara kegiatan menguraikan materi pelajaran dengan kegiatan memperagakan dan latihan (drill) 

5. Metode resitasi ( Recitation method ) 

Metode resitasi adalah suatu metode mengajar dimana mahasiswa diharuskan membuat resume dengan kalimat sendiri. 

Kelebihan metode resitasi sebagai berikut : 

a. Pengetahuan yang mahasiswa peroleh dari hasil belajar sendiri akan dapat diingat lebih lama. 

b. mahasiswa berkesempatan memupuk perkembangan dan keberanian mengambil inisiatif, bertanggung jawab dan berdiri sendiri (Syaiful Bahri Djamarah, 2000) 

Kelemahan metode resitasi sebagai berikut : 

a. Terkadang mahasiswa melakukan penipuan dimana mereka hanya meniru hasil pekerjaan temennya tanpa mau bersusah payah mengerjakan sendiri. 

b. Terkadang tugas dikerjakan oleh orang lain tanpa pengawasan. 

c. Sukar memberikan tugas yang memenuhi perbedaan individual (Syaiful Bahri Djamarah, 2000) 

6. Metode percobaan ( Experimental method ) 

Metode percobaan adalah metode pemberian kesempatan kepada anak didik perorangan atau kelompok, untuk dilatih melakukan suatu proses atau percobaan. Syaiful Bahri Djamarah, (2000) 

Metode percobaan adalah suatu metode mengajar yang menggunakan tertentu dan dilakukan lebih dari satu kali. Misalnya di Laboratorium. 

Kelebihan metode percobaan sebagai berikut : 

a. Metode ini dapat membuat mahasiswa lebih percaya atas kebenaran atau kesimpulan berdasarkan percobaannya sendiri daripada hanya menerima kata dosen atau buku. 

b. mahasiswa dapat mengembangkan sikap untuk mengadakan studi eksplorasi (menjelajahi) tentang ilmu dan teknologi. 

c. Dengan metode ini akan terbina manusia yang dapat membawa terobosan-terobosan baru dengan penemuan sebagai hasil percobaan yang diharapkan dapat bermanfaat bagi kesejahteraan hidup manusia. 

Kekurangan metode percobaan sebagai berikut : 

a. Tidak cukupnya alat-alat mengakibatkan tidak setiap mahasiswa berkesempatan mengadakan ekperimen. 

b. Jika eksperimen memerlukan jangka waktu yang lama, mahasiswa harus menanti untuk melanjutkan pelajaran. 

c. Metode ini lebih sesuai untuk menyajikan bidang-bidang ilmu dan teknologi. 





Daftar Pustaka:



Sukadji,S.2000. Psikologi Pendidikan dan Psikologi Sekolah.Depok: Lembaga Pengembangan Sarana Pengukuran dan Pendidikan Psikologi (LPSP3) Fakultas Psikologi Universitas Indonesia.




No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.