UTS Paedagogi ini dilakukan dengan system online dimana Bu Dina sebagai dosen pengampu memberikan pertanyaan seputar hal-hal yang berkaitan dengan materi pembelajaran serta perencanaan kegiatan micro-teaching nantinya. Menjadi memudahkan karena dalam waktu satu minggu ini dipadati oleh UTS mata kuliah lainnya ditambah dengan jadwal ujian yang padat pula. Selama melakukan proses ujian online, kita diminta berpikir kritis terhadap apa yang kita pelajari dan mengeluarkan pendapat yang pastinya didasari oleh teori yang relevan. Menyenangkan saat melakukan proses pembelajaran baru dimana ujian tidak lagi hanya menjawab soal diatas kertas. Yang menjadi sedikit hambatan adalah saat terjadi kesulitan dalam akses internet sehingga kadang tidak mengetahui perkembangan soal pada postingan judul. Secara keseluruhan proses ujian seperti ini lebih menyenangkan dan pastinya memudahkan.
Dalam proses ini jelas penggunaan TIK sangat terdepan. Pendekatan learner-centered dapat kita lihat dengan jelas disini, dimana dengan memakai kemudahan yang didapatkan dari perkembangan TIK, mahasiswa melakukan kegiatan evaluasi belajar dan dosen memfasilitasi melalui perencanaan juga pemberian soal-soal. Ada dua pendekatan lain yang terjadi pada saat proses UTS online ini yaitu integrating aaproach; mahasiswa bertanggung jawab untuk menguasai materi dan proses penilaian yang diadakan pada saat UTS kali ini. Juga transforming approach penggunaan TIK secara kreatif untuk mengevaluasi dan memperbaharui organisasi pendidikan, jelas dalam UTS Paedagogi ini penggunaan blog dan internet dimanfaatkan dalam pemudahan pelaksanaan UTS Fakultas Psikologi.
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
Powered by Blogger.
No comments:
Post a Comment